Perbedaan Bahan Kayu Solid dengan Plywood Untuk Furniture

taru nusa - plywood & kayu solid

Untuk membuat furniture, terdapat beberapa jenis bahan kayu yang bisa digunakan seperti kayu solid dan plywood. Ini perbedaan bahan kayu solid dengan plywood.

Bagi Taru friend yang ingin membuat furniture berbahan kayu, maka kenali terlebih dahulu jenis kayunya. Furniture biasanya lebih banyak menggunakan bahan kayu plywood dan kayu solid. Berikut ini penjelasan lengkap tentang perbedaan bahan kayu solid dengan plywood yang harus dipahami.

Sekilas Tentang Kayu Solid

Ketika datang ke toko furniture, Taru friend pasti dapat melihat bahwa bahan kayu yang digunakan berbeda satu sama lain.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor perbedaan harga untuk setiap furniture.

Sebab, setiap bahan yang digunakan dapat mempengaruhi kualitas furniture nya juga.

Kayu solid menjadi salah satu bahan furniture yang dapat ditemukan dengan mudah.

Kayu solid adalah kayu yang diambil langsung dari pohon yang ditebang. Kayu yang termasuk bahan solid dan sering digunakan untuk membuat furniture di antaranya adalah jati, mahoni, trembesi, pinus, dll.

Taru friend pasti sudah tahu,  furniture yang terbuat dari bahan kayu jati sangat mahal. Hal ini karena kayu jati memiliki tekstur alami yang unik berbeda dengan bahan kayu lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Solid

Apabila Taru friend hendak menggunakan kayu solid untuk membuat perabotan, maka ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kayu solid. Sebab, walaupun bagus tentu bahan kayu ini pun memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan.

Adapun kelebihan dari bahan kayu solid adalah sebagai berikut.

1.     Motif Kayu Lebih Indah dan Bervariasi

Jika Taru friend sangat menyukai seni dan keindahan atau barang yang memiliki nilai estetika tinggi, furniture dengan bahan solid lebih direkomendasikan.

Pasalnya, kayu solid memiliki motif alami yang didapatkan dari serat kayunya sehingga lebih indah saat dijadikan sebagai furniture.

Furniture yang terbuat dari bahan kayu solid akan terlihat lebih unik karena memiliki motif yang berbeda satu sama lain. Sebab, kayu diambil langsung dari pohon sehingga memiliki motif yang natural.

2.     Lebih Awet

Bahan kayu solid juga cenderung lebih tahan lama. Bahkan, tidak jarang ada furniture yang dapat diturunkan dari generasi ke generasi. Sebab, kayu solid biasanya lebih kokoh dan tidak mudah rusak.

Nah, jika Taru friend mementingkan ketahanannya maka kayu solid ini adalah yang paling tepat. Sebab, dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

3.     Kualitas Bahan Lebih Bagus

Dari penjabaran sebelumnya sudah dapat dipastikan bahwa kualitas bahan kayu solid ini lebih bagus dibandingkan jenis kayu lainnya. Jadi, tidak heran jika banyak pengrajin mebel yang menggunakan kayu solid untuk menghasilkan furniture yang berkualitas.

Kekurangan Kayu Solid

Meski memiliki banyak kelebihan, tentu saja kayu solid memiliki beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut.

1.     Harga Relatif Lebih Mahal

Untuk bisa mendapatkan kualitas bahan yang tinggi, tentu akan ada harga yang harus dibayar. Harga untuk bahan kayu solid memang cenderung lebih tinggi dibandingkan jenis bahan kayu lainnya.

Jadi, jika Taru friend menemukan furniture yang terbuat dari kayu solid tentu harganya pun akan lebih tinggi.

2.     Sudah Mulai Langka dan Sulit Didapatkan

Meski kualitasnya sangat bagus dan memiliki nilai estetika tinggi, sayangnya kayu solid sudah mulai sulit didapatkan. Hal ini karena mulai berkurangnya lahan pepohonan sehingga sulit untuk mendapatkan kayu solid. Ini juga yang menjadi penyebab harganya lebih mahal.

Apa Itu Kayu Plywood?

Kayu plywood adalah salah satu jenis kayu olahan untuk furniture yang paling banyak digunakan. Biasanya, kayu plywood digunakan untuk membuat meja atau lemari.

Kayu olahan adalah kayu solid yang telah diproses dengan menambahkan zat-zat kimia tertentu. Biasanya, kayu olahan yang siap digunakan untuk membuat furniture berbentuk papan.

Untuk kayu plywood sendiri terbuat dari bahan vinir yang di press sehingga membentuk board yang lebar. Papan kayu plywood ini pun bisa dipotong sesuai dengan kebutuhan saat pembuatan furniture.

Kelebihan Kayu Plywood

Berikut ini beberapa kelebihan dari kayu plywood yang harus Taru Friend ketahui.

1.     Lebih Mudah Dibentuk

Kayu plywood dapat dibentuk dengan lebih mudah sehingga dapat mempermudah proses pembuatan furniture.

2.     Anti Air

Kayu plywood dilapisi dengan lapisan keras pada bagian terluarnya. Hal tersebut membuat kayu ini menjadi lebih tahan air dibandingkan dengan bahan kayu lainnya.

3.     Tersedia dalam Berbagai Ukuran dan Ketebalan

Kayu plywood juga dapat ditemukan dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda. Jadi, Taru friend dapat memilih kayu plywood sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan Kayu Plywood

Adapun kekurangan dari kayu plywood adalah sebagai berikut.

1.     Kurang Cocok Untuk Furniture Outdoor

Apabila Taru Friend hendak membuat furniture untuk outdoor, maka plywood sangat tidak disarankan. Pasalnya, jika terlalu sering mendapatkan cuaca dan suhu yang berbeda dapat membuat kayu menjadi cepat rusak.

2.     Sulit Melakukan Finishing

Bentuknya yang kaku membuat kayu plywood membutuhkan ketelitian saat melakukan finishing.

Itulah perbedaan bahan kayu solid dengan plywood yang harus dipahami. Apabila Taru Friend membutuhkan kayu solid maupun plywood untuk furniture maka bisa mendapatkannya di PT. Taru Nusa Kencana. Terdapat banyak jenis bahan kayu lainnya juga yang bisa Taru friend dapatkan dengan kualitas terbaik.