4 Cara Membasmi Rayap Secara Alami

taru nusa kecana - Membasmi Rayap Secara Alami

https://suntikrayap.com/wp-content/uploads/2020/06/Mengusir-Rayap-Kayu-Basah.png

Ilustrasi |Source: https://suntikrayap.com/

 

Selain membuat kayu keropos, rayap juga sangat berbahaya bagi manusia. Kenapa bisa begitu? Karena rayap tidak hanya akan memakan furniture kayu yang ada di rumah anda, tapi semua kabel yang sedang anda gunakan! Kalau ini dibiarkan, tidak menutup kemungkinan rayap-rayap ini akan membahayakan anda dan keluarga. Yuk, simak cara membasmi rayap secara alami di bawah ini.

 

Yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menghindari rayap merusak furniture maupun yang lainnya. Pastikan terdapat ventilasi yang cukup di rumah, hal ini bertujuan untuk pertukaran udara dan sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Rayap sangat tidak menyukai keadaan yang kering. Jadi, anda harus pastikan keadaan dalam rumah tidak lembab dan gelap.

Rayap juga tidak menyukai suhu yang sangat dingin, anda bisa menambahkan AC di dalam rumah agar keadaan rumah selalu sejuk dan memastikan seluruh ruangan dalam keadaan tidak lembab. Jika ada retakan di tembok, anda harus segera memperbaikinya untuk menutup akses masuknya rayap. Hal lain yang bisa dilakukan adalah memberikan jarak antara furniture dan tembok, rutin menjemurnya di bawah sinar matahari dan pastikan tidak ada genangan air di dalam atau luar rumah. Jika dibiarkan, ini bisa menjadi tempat perkembangbiakan rayap.

 

Menggunakan Kapur Barus

Kandungan naftalena yang terdapat dalam kapur barus dipercaya dapat mematikan serangga kecil seperti kecoa, semut bahkan rayap. Cara menggunakannya pun cukup mudah, cukup meletakkan segenggam kapur barus dalam furniture berbahan kayu. Bagi sebagian orang, cara yang satu ini paling efektif untuk menghindari rayap.

 

Campuran Air dan Ketiga Bahan Ini Bisa Juga Lho!

Ketiga campuran air ini juga dianggap ampuh membasmi rayap. Anda bisa menggunakan campuran air dan garam, sabun bahkan cucian beras. Anda bisa menambahkan setengah liter air dan semangkuk garam, tujuannya memang untuk membuat larutan garam berkonsentrasi tinggi. Untuk sabun, anda bisa menambahkan empat sendok makan sabun cair ke dalam segelas air. Air cucian beras juga dengan mudah anda dapatkan karena pembuatannya juga tidak sulit.

Anda bisa memilih larutan yang mana untuk digunakan membasmi rayap. Agar lebih mudah, anda tinggal memasukkan larutan tersebut ke dalam botol spray dan rutin menyemprotkannya ke rumah-rumah rayap.

 

Oli dan Solar Juga Ampuh Untuk Membasmi Rayap

Karena bentuknya yang cair dan pekat, disarankan hanya untuk dioles atau diusap. Anda bisa menggunakan kuas besar atau alat lain yang bisa digunakan mengoles oli dan solar ke barang-barang berbahan kayu. Sebaiknya, gunakan sarung tangan agar tidak terkena kedua cairan ini secara langsung. 

Bagaimana Taru Friend, mudah bukan? Selain pengaplikasiannya yang mudah, anda juga bisa menemukan alat dan bahannya di toko dekat rumah anda. Selamat mencoba!